Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

15 views

Jahe menjadi salah satu rempah-rempah Indonesia yang seringkali dibutuhkan untuk menjadi bahan masakan. Memiliki nama latin Zingiber officinale, jahe termasuk ke dalam suku Zingiberaceae. Jahe sendiri adalah tanaman rimpang yang populer dimanfaatkan untuk bumbu masak atau minuman jahe. Tanaman jahe biasanya bisa tumbuh dengan tinggi sekitar 30 sampai 100 cm, ia memiliki akar berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning atau oren kemerahan yang memiliki aroma khas yang cukup menyengat.

Manfaat Jahe

Jahe memiliki rasa pedas yang khas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron. Terdapat dua jenis jahe yang sering kita temui di pasaran, yaknit jahe merah dan jahe kuning. Jahe kuning umumnya digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan pembuatan minuman seperti susu jahe, wedang jahe dan teh jahe. Sedangkan jahe merah cenderung dipergunakan sebagai obat herbal atau jamu karena mengandung minyak atsiri yang lebih banyak dibanding jahe kuning.

Salah satu manfaat dengan mengonsumsi jahe sebagai minuman adalah dapat menghangatkan badan. Minuman jahe biasa kita temui di angkrian atau warung berupa wedang jahe, teh jahe ataupun susu jahe. Cara membuatnya cukup mudah dan efektif untuk menghangatkan badan, mengatasi masuk angin dan beberapa masalah kesehatan lain. Jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, untuk tips kesehatan lain mengenai manfaat jahe bisa Anda lihat pada penjabaran berikut ini.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat jahe untuk tubuh yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Khasiat jahe yang satu ini juga bisa membantu mengecilkan perut buncit.

  1. Menjaga kondisi jantung

Jahe juga bermanfaat untuk membersihkan saluran di dalam tubuh, tidak terkecuali pembuluh darah. Mengonsumsi gorengan atau makanan lain yang mengandung minyak, yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah dan mengakibatkan aliran darah terjanggu. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung. Jahe bisa bertindak sebagai penurun kadar kolesterol jahat dan trigliserida sehingga menjaga kesehatan tubuh khususnya jantung dengan rutin mengonsumsinya.

  1. Mengatasi masuk angin dan mual

Saat sedang dalam perjalanan jauh menggunakan mobil atau bus pasti kita pernah mengalami mabuk perjalanan. Minum wedang jahe sebelum berangkat bisa membantu mengurangi risiko mabuk perjalanan. Jahe akan berfungsi sebagai anti mual dan menghangatkan lambung. Selain itu saat tubuh dirasa kurang enak karena masuk angin, minum segelas wedang jahe sangat tepat untuk mengatasinya.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Bagi wanita, pasti pernah merasakan sakit perut seperti kram atau nyeri saat sedang datang bulan. Cobalah untuk minum air jahe secara rutin setiap pagi untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

  1. Mengatasi morning sickness

Masih bagi wanita, terutama ibu hamil pada masa awal kehamilan yang sering mengalami mual pada pagi hari atau yang biasa disebut morning sickness. Anda bisa mencoba mengurangi rasa mual tersebut dengan minum sedikit wedang jahet saat bangung tidur. Namun perlu diingat untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya untuk ibu hamil dan menyusui.

6. Mencegah kanker usus

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, karenanya harus dihindari. Salah satu universitas di Amerika mengatakan bahwa seseorang yang rutin atau sering mengonsumsi minuman atau makanan berbahan dasar jahe dapat mencegah risiko serangan penyakit kanker koloretal (usus besar).

  1. Mengobati sakit kepala

Sakit kepala tentu pernah dialami oleh setiap orang di dunia, dan cara yang sering dipilih untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat sakit kepala. Namun seperti yang kita ketahui, mengonsumsi obat dapat menimbulkan efek jangka panjang yang buruk untuk tubuh kita. Solusi atas masalah ini adalah menggunakan pengobatan sakit kepala alternatif, salah satunya dengan mengonsumsi jahe. Segelas wedang jahe dapat membantu mengendurkan dan membuat rileks tubuh serta pikiran kita dan tentunya mengurangi sakit kepala. Selain jahe, teh hijau juga dapat membantu mengatasi sakit kepala dan membuat tubuh rileks.

  1. Mengobati alergi

Sebagian orang pasti pernah mengalami alergi karena suatu hal. Anda juga bisa menggunakan manfaat jahe untuk mengatasi alergi tersebut. Di dalam jahe terdapat kandungan yang dapat membantu mengurangi gatal akibat alerti. Terutama yang berkaitan dengan masalah kulit seperti gatal akibat panu.